Senyawa organik adalah - Senyawa Organik

Senyawa organik adalah

Senyawa organik adalah suatu senyawa yang tersusun dari beberapa unsur seperti yang sebelumnya saya tulis di bagian senyawa organik bahwa Senyawa organik adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Namun kali ini saya akan sedikit membahas tentang Senyawa organik yang terkandung dalam air dan air limbah.

Senyawa organik

Senyawa organik (ocugilo.blogspot.com)

Senyawa-senyawa organik yang terkandung dalam air beberapa diantaranya dalam bentuk protein, karbohidrat dan sebagainya, sedangkan kandungan dalam air limbah diantaranya berupa garam, mineral renik dan loga.

Keberadaan senyawa organik dalam air dapat kita ketahui menggunakan parameter BOD dan COD. BOD atau yang sering kita sebut sebagai (Biological Oxygen Demand)merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur kebutuhan atau kandungan oksigen dalam air untuk melakukan proses kimiawi. Selain BOD ada juga COD yang sering kita sebut sebagai Chemical Oxygen Demand merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat pencemaran senyawa organik dalam air. COD ini merupakan parameter yang digunakan untuk mengukur banyaknya oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi secar a kimia bahan organik di dalam air.

Kita ambil contoh dalam sebuah kasus yang sering kita jumapai dalam praktikum kimia organik. Dalam praktikum kimia organik sering kita di beri tugas untuk mengukur kandungan atau tingkat pencemaran dalam air menggunakan metode atau parameter COD. Dari segi prinsipnya kita sudah mengetahui apa itu COD, sekarang kita ambil contoh K2Cr2O7yang kita gunakan sebagai sumber oksigen (oxidizing agent). Sebagian besar Senyawa organik melalui tes COD ini di oksidasioleh larutan K2Cr2Odalam keadaan asam yang mendidih. Adapun reaksi yang terjadi

CaHbOc + Cr2O72- + H+ → CO2 + H2O + 2 Cr3+

Zat organis Ag2SO4

Untuk memastikan senyawa organik yang terkandung dalam air teroksidasi maka zat pengoksidasi dalam hal ini K2Cr2O7 yang sudah direfluks masih harus tersisa. Oksidator yang tersisa dalam larutan tersebut akan digunakan untuk menentukan kandungan oksigen yang telah dipakai. Sisa dari oksidator dapt ditentukan menggunakan titrasi dengan ferro amonium sulfat. Dari uraian diatas dapat kita simpukan bahwa senyawa organik adalah senyawa yang sanga penting dan terkandung atau dapat kita jumpai di berbagi tempat.

Senyawa organik adalah | admin | 4.5

Silahkan tuliskan komentar Anda