Macam-Macam Beras Organik - Senyawa Organik - Senyawa Organik

Macam-Macam Beras Organik

Macam-macam beras organikberdasarkan warnanya terbagi bermacam-macam, diantaranya: beras organik putih, beras organik hitam, beras organik merah, dan beras organik coklat. Disini akan dijelaskan tentang perbeddaan jenis-jenis beras tersebut dan juga akan sedikit diuraikan tenteng manfaat beras tersebut berdasarkan warnanya:

Beras organik putih; beras organik yang berwarna putih memiliki bau yang wangi, dan rasanya juga lebih pulen, jika dibandingkan beras yang non-organik, selain itu beras organik putih tidak mengandung residu pestisida dan juga kandungan nutrisi dan proteinnya tinggi, sehingga baik untuk kesehatan.
Beras organik hitam; beras organik yang berwarna hitam tidak sama dengan ketan hitam lho,,, beras organik hitam memiliki aroma, rasa, yang lebih spesifik dan unik jika dibandingkan dengan ketan hitam. Beras jenis ini hanya terdapat di Asia Tenggara saja, khususnya Indonesia. Makanya di Negara Amerika menyebut beras hitam sebagai “Indonesia Black Rice”. Manfaat beras organik hitam diantaranya adalah: mencegah gangguan fungsi ginjal, untuk antioksidan, menurunkan kadar gula darah, mencegah tumor dan juga kanker, mencegah anemia, menurunkan kolestrol. Dan lain sebagainya.
Beras organik coklat; beras organik coklat adalah jenis beras yang proses penggilingannya hanya setengah digiling atau bahkan tidak digiling sama sekali, rasanya hampir mirip dengan ketan. Akan tetapi beras jenis ini tidak tahan lama/ cepat basi, jadi tidak bisa disimpan lama-lama.
Beras organik merah; sejak tahun 2800 SM beras jenis ini telah digunakan sebagai obat oleh para tabib-tabib. Pigmen merah pada beras organik dapat bermanfaat sebagai antioksidan. Kulit ari pada beras tersebutlah yang memberikan warna merah pada beras. Menurut penelitian Rui Hai Liu, MD, PhD mengatakan bahwa didalam beras merah terdapat zat-zat yang dapat digunakan sebagai antikanker, yang didapat dari senyawa selenium, dan juga senyawa fitokimia (fenolat dan lignan). Kulit ari pada beras merah kaya akan asam lemak esensial dan juga serat. Kadar kolestrol LDL yang menyebabkan jantung dapat diturunkan dengan mengkonsumsi beras ogranik merah.

Demikian sedikit uraian tentang macam-macam beras organik, semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Jika ada komentar atau saran silahkan tulis di bawah yaa,,, terimakasih.

Macam-Macam Beras Organik | admin | 4.5

Silahkan tuliskan komentar Anda