Reaksi Senyawa Organik dan Mekanismenya - Senyawa Organik - Senyawa Organik

Reaksi Senyawa Organik dan Mekanismenya

Reaksi kimia atau reaksi senyawa organik adalah suatu perubahan dan suatu senyawa atau molekul menjadi senyawa lain atau molekul lain. Reaksi yang terjadi pada senyawa anorganik biasanya merupakan reaksi antar ion, sedangkan reaksi pada senyawa organik biasanya dalam bentuk molekul.
Reaksi Senyawa Organik dan Mekanismenya
Struktur senyawa organik ditandai dengan adanya ikatan kovalen antara atom-atom molekulnya. Oleh karena itu, reaksi kimia pada senyawa organik ditandai dengan adanya pemutusan ikatan kovalen dan pembentukan ikatan kovalen yang baru.
Proses pemutusan ikatan kovalen dan pembentukan ikatan kovalen yang baru membutuhkan waktu yang sangat tergantung pada kondisi saat berlangsungnya suatu reaksi. Proses mi mungkin terjadi secara terpisah, seperti pada reaksi yang berlangsung secara bertahap (stepwise reaction) di mana pemutusan ikatan mungkin mendahului pembentukan ikatan baru, atau dapat berlangsung secara serentak (concerted reaction).
Pada reaksi yang berlangsung dalam beberapa tahap (Iangkah) untuk menghasilkan suatu senyawa, dikenal istilah intermediet, sesuatu yang dapat atau tidak dapat diisolasi. Reaksi yang berlangsung concerted atau serentak biasanya membentuk suatu kompleks teraktifkan atau keadaan transmisi yang tidak dapat diisolasi.
Studi yang mempelajari terjadinya pemutusan dan pembentukan ikatan, waktu reaksi, urutan reaksi pergerakan elektron, dan kecepatan relatif setiap taha pan disebut Mekanisme Reaks!.
Bebarapa hal yang akan kita bahas pada reaksi senyawa organik dan mekanisme reaksinya diantaranya adalah : 
  1. Pemutusan homolitik dan heterosiklik
  2. Reagen elektrifilik
  3. Reagen nukleofilik
  4. Reaksi senyawa organik
  5. Pengaruh struktur terhadap reaktivitas
  6. Reaksi substitusi nukleofilik
  7. Reaksi adisi
  8. Adisi pada ikatan rangkap karbon dan oksigen
  9. Reaksi eliminasi
  10. Reaksi oksidasi – reduksi

Itulah 10 point penting yang akan kita bahas pada bab reaksi senyawa organik dan mekanisme senyawa organik. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.
Reaksi Senyawa Organik dan Mekanismenya | admin | 4.5

Silahkan tuliskan komentar Anda